About

Sabtu, 07 Mei 2011

Manfaat Lebah Bagi Kesehatan

Mungkin selama ini anda hanya mengenal lebah sebagai binatang yang bisa menyengat dan merepotkan bila mereka membuat sarang di atap rumah, dan tidak pernah terbayang manfaat lebah bagi kesehatan.
Ternyata lebah bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan sakit radang sendi, dan bahkan beberapa rumah sakit telah menggunakan binatang ini secara teratur untuk pengobatan. Lebah selain dikenal sebagai penghasil madu, juga telah terbukti baik untuk kesehatan manusia dalam cara-cara terntentu, misalkan:

  • Arthritis. Mungkin kita pernah mendengar adanya tabib yang menggunakan sengatan lebah untuk membantu menyembuhkan sakit akibat radang sendi. Hal ini telah dibenarkan Jade Tadman, beliau adalah seorang juru bicara Arthritis Research Campaign, yang menyatakan bahwa beberapa penderita menemukan sengatan lebah sangat membantu. Disamping itu para ahli meyakini bahwa sengatan lebah dapat merangsang tubuh untuk memproduksi hormon yang disebut cortisol, dimana hormon ini adalah anti-inflammatory yang dapat menyembuhkan rasa sakit setelah disengat.
  • Sklerosis. Beberapa penderita sclerosis di Amerika mengatakan bahwa sengatan lebah bisa membantu mereka mengontrol dan bahkan mengembalikkan kondisi mereka. Suatu penelitian kecil mengenai pengaruh sengatan lebah pada penderita sclerosis tengah dilakukan oleh Georgetown Univeristy di Washington untuk menemukan rahasia apa yang terdapat dalam sengatan lebah ini.
  • Alergi terhadap sengatan lebah. Untuk menyembuhkan orang yang alergi terhadap sengatan lebah dikenal dengan nama pengobatan immunotherphy dimana Pasien akan menerima suntikan setiap minggu selama delapan minggu untuk membentuk kekebalan.
  • Madu. Lebah merupakan penghasil madu terbaik yang mempunyai manfaat kesehatan luar biasa. Madu dikenal sebagai anti inflammantory sering digunakan untuk menyembuhkan sakit tengorokan. Berbagai produk madu termasuk dalam manfaat lebah bagi kesehatan.
Sejumlah peneliti yakin madu bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai luka termasuk luka bakar, bisul-bisul kaki dan luka setelah operasi karena didalam madu terkandung hydrogen peroxide yang dapat membunuh kuman dan mencegah yang lain berkembang.
apakah anda tertarik mengenai manfaat lebah bagi kesehatan?
http://www.citraindahrumahku.com

0 komentar:

Posting Komentar